Tuesday 30 July 2013

Kebiasaan Makan Ikan Hias



Berdasarkan keniasaan makannya makan dikenal beragam jenis ikan, diantaranya:

Herbivora
Ikan ini biasanya hidup dengan memakan beragam jenis tumbuhan, terutama lumut. Ikan jenis ini biasanya hidupnya berkelompok dengan cara grazing (seperti kelinci menggerogoti rumput).
Ikan-ikan seperti nilem, beragam ikan barb, dan ikan-ikan siklid Afrika kelompok mbuna adalah pemakan lumut.
Barb
Ikan ini juga dapat dengan mudah diberi pakan pelet, tetapi pastikan komposisi pelet memang untuk ikan herbivora. Jenis pelet ini biasanya mengandung 20-20% protein. Di dalam pellet biasanya diperbanyak bahan berbasis tumbuhan, misanya algae spirulina jenis bahan pakan yang paling populer dipakai sebagai pakan ikan hias. Ikan seperti Tropeus adalah ikan  herbivora yang membutuhkan komposisi spirulina cukup tinggi. Pemberian pakan berupa pelet dengan komposisi protein tinggi dapat mengakibatkan ikan ini mengalami sembelit.
Ikan-ikan algae eater seperti lemon chinese algae eater, flaying fox, dan beberapa kerabatnya adalah murni pemakan alga. Biasanya mereka hidup dengan menempel pada kaca aquarium dan makan dengan cara menggerogoti lumut halus yang menempel di kaca aquarium.

Karnivora
Arapaima Gigas
Ikan karnivora adalah ikan yang murni pemakan daging (ikan, udang, dan hewani lainnya) dalam dietnya. Karena hidup dengan makan sesuatu yang berbahan daging maka ikan ini disebut ikan predator. Ikan tipe ini tidak dapat dibiasakan memakan makanan selain daging karena akan mempengaruhi kualitas hidupnya. Apalagi untuk pemijahan, diet mereka akan bahan hewani harus dipenuhi. Meski demikian jangan terlalu kaku dalam hal pemberian variasi makanan. Selain pakan berupa bahan daging, banyak juga pelet yang dibuat dengan komposisi daging yang tinggi dan khusus dibuat untuk ikan pemakan daging.
Ikan-ikan karnivora yang besar sepereti alligator, arapaima, catfish besar, dan lain-lain dapat dibiasakan dengan dog food (pakan anjing yang berbentuk remah yang ukurannya lebih besar dibanding pelet). Di samping itu, kandungan gizi dan proteinnya harus tetap diperhatikan. Ikan dan anjing hidup pada kondisi yang berbeda namun mereka memiliki kebutuhan protein yang hampir sama.
Pada ikan karnivora, pemberian pakan yang banyak mengandung karbohidrat terlalu banyak berdampak kurang baik terhadap pencernaannya. Sementara pada ikan herbivora, pemberian pakan dengan kandungan protein tinggi juga bukan pilihan yang tepat. Untuk lebih mudahnya,biasanya di pasaran memang dijual pelet yang khusus untuk spesifikasi masing-masing. Semua jenis pakan biasanya mempunyai komposisi berupa karbohidrat, lemak, protein, dan beragam vitamin yang tertera dalam kemasannya.

Mikropredator
Daphnia atau kutu air
Ikan-ikan hias kecil biasanya adalah mikropredator atau pemakan beragam hewan-hewan air super kecil seperti jenis-jenis serangga, larva moluska, larva udang, dan beragam invertebrata lainnya. Syarat pemeliharaan ikan jenis ini untuyk tujuan budidaya adalah harus terpenuhinya kebutuhan akan pakan hidup. Pakan hidup banyak dibudidayakan oleh peternak atau di balai-balai benih ikan yang tentu ada di setiap kabupaten sehingga bila kita ingin membudidayakan pakan hidup ini dapat meminta atau membeli benih dari balai tersebut.
Pakan hidup tersebut diantaranya kutu air, moina, daphnia, artemia, cacing sutera, dan lain-lain.

Omnivora
Ikan omnivora adalah ikan oportunitis sejati. Mereka dapat memakan beragam komposisi jenis makanan dalam dietnya. Hampir semua ikan adalah omnivora.